wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

5 Tempat Wisata Paling Bersejarah di Surabaya

www.wastamita.com - Surabaya merupakan Kota Pahlawan. Oleh karena itu, banyak tempat wisata yang bersejarah yang ada di Kota Surabaya.

Nah, berikut ini adalah 5 tempat wisata paling bersejarah di Surabaya yang wajib anda kunjungi.

1. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan
source:initempatwisata.com
Tugu Pahlawan adalah salah satu monumen yang berada di Surabaya. Tugu Pahlawan ini merupakan monument yang dapat mengingatkan keberanian arek arek Suroboyo dalam melawan tentara Sekutu. Monumen ini mempunyai tinggi sekitar 41.15 meter dengan bentuk lingga atau bentuk paku terbalik ini memiliki tiang badan yang berbentuk lengkung (Canalures) dengan jumlah 10 lengungan. Lengkungan tersebut terbagi atas 11 ruas.

Tinggi, ruas maupun canalures ini memiliki makna dari tanggal 10 bulan 11 dan tahun 1945. Tanggal ini merupakan tanggal terjadinya sebuah peristiwa yang sangat heroic di saat perjuangan kemerdekaan di Indonesia. Salah satu tempat wisata di Surabaya ini, anda dapat menemui Museum 10 November. Museum ini merupakan tempat yang dapat mengungkapkan banyak sekali cerita yang merupakan makna dari Tugu Pahlawan dan juga menunjukan bukti dari sejarah di tanggal 10 November 1945.

2. Patung Budha Empat Wajah

Patung Budha Empat Wajah
source:liputan6.com
Patung Budha Empat Wajah ini meruakan patung yang tertinggi di Indonesia. Patung tertinggi ini sudah tercatat di rekor MURI. Patung ini dapat anda jumpai di sudut Pantai Ria Kenjeran, pantai yang terdapat di Kota Surabaya yang sudah terkenal dengan produksi ikan yang melimpah.

Bangunan Patung Budha Empat Wajah ini dekelilingi dengan 4 pilar yang berwarna hijau atau emas. Patung ini terdiri dari 3 bagian antara lain, stupa, patung Budha dan juga singgasana Budha. Patung Budha ini dan takhtanya masing masing bertinggi sekitar 9 meter.
Patuh Budha Empat Wajah ini hamper sama dengan Patung Budha yang ada di Bangkok. Kesamaan tersebut antara lain adalah terdiri dari wajah perdamaian dan kesehatan, wajah berhubungan baik, wajah keberuntungan, dan juga wajah perlindungan dari tindak kejahatan.

3. Jembatan Merah

Jembatan Merah
source:panduanwisata.id
Jembatan Merah juga merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di Surabaya. Tempat ini merupakan salah satu tempat sebagai saksi sejarah dari sebuah pertempuran yang heroik di tanggal 10 November 1945 yang ada di Surabaya. Dalam sejarah telah tercatat bahwa peristiwa dari meninggalnya Brigjend Mallaby dalam bentrokan yang ada oleh pejuang pejuang Indonesia dengan tentara tentara Belanda di daerah sekitar Jembatan Merah di tanggal 30 Oktober 1945 merupakan alas an yang paling utama panglima sekutu Jawa Timur mengeluarkan sebuah ultimatum satu hari sebelum peristiwa heroik terjadi, yaitu tanggal 9 November 1945 kepada pejuang pejuang Indonesia untuk meletakkan senjata mereka. Namun karena pejuang Indonesia untuk menolak ultimatum itu, pasukan sekutu Inggris melakukan penyerangan keesokan harinya, di tanggal 10 November 1945.
Area di sekitar Jembatan Merah Surabaya dahulu merupakan daerah hunian yang digunakan untuk perdagangan bagi orang orang Eropa pada bagian barat, hunian orang Cina, Arab dan Melayu pada bagian timurnya. Di kawasan ini pada saat ini banyak digunakan sebagai pusat perdagangan yang sangat padat di Surabaya.

4. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam
source:wego.co.id
Monumen Kapal Selam ini merupakan bentuk yang asli dari KRI Pasopati 410, yang merupakan kapal selam TNI AL dari satuan Kapal Selam Armada RI di Kawasan Timur. Monumen kapal selam ini berlokasi di pusat kota dari Kota Surabaya.
KRI Pasopati merupakan jenis SS dengan type Whisky Class yang terbuat di Vladi Rusia tahun 1952. Kapal selam ini memiliki peran aktif dalam menegakkan kedaulatan hukum di laut seperti dalam operasi Trikora. Monumen kapal selam ini menjadi tempat wisata di Surabaya yang cukup menarik perhatian wisatawan.

5. House Of Sampoerna

House Of Sampoerna
source:wikamagz.com
House Of Sampoerna atau yang akrab disebut HOS ini berlokasi di kawasan sekitar Surabaya Lama. Tempat Wisata di Surabaya ini merupakan kompleks dari bangunan yang mempunyai gaya colonial Belanda yang telah dibangun sejak 1862. Bangunan ini merupakan salah satu sius sejarah yang masih dilestarikan.

Di awal masanya, bangunan ini bepergunakan menjadi panti asuhan putra dan dikelola oleh pemerintah Belanda. Saat tahun 1932, kompleks bangunan ini dibeli oleh pendiri Sampoerna, Liem Seeng Tee dengan tujuan untuk mendirikan sebuah pabrik rokok Sampoerna pertama. Dan hingga saat ini, kompleks bangunan ini digunakan untuk memproduksi rokok.

Nah, itulah merupakan 5 Tempat Wisata Paling Bersejarah di Surabaya yang Wajib Anda Kunjungi. Apabila anda berkunjung di Kota Pahlawan, anda harus mengunjungi tempat tempat wisata yang sangat bersejarah ini. Baca juga 5 Destinasi Tempat Wisata Indonesia Mirip Dengan Luar Negeri