wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

Menikmati Keeksotisan Pemandangan yang Ada di Situ Lembang Bandung

www.swastamita.com - Lembang merupakan sebuah daerah yang terletak tak jauh dari kota Bandung. Daerah ini merupakan daerah yang memiliki potensi tempat wisata yang sangat beragam, mulai dari wisata alam hingga wisata buatan.

Salah satu tempat wisata di Lembang Bandung yang memiliki keindahan luar biasa adalah Situ Lembang Bandung. Situ adalah sebuah danau buatan yang dibangun untuk tujuan tertentu seperti irigasi dan lain-lain. Meskipun merupakan sebuah objek wisata buatan, namun panorama alam di kawasan situ Lembang Bandung masih sangat asri dan natural.

Situ yang berlokasi di kaki Gunung Tangkuban perahu atau lebih tepatnya di desa Kertawangi, kecamatan Cisarua, Lembang ini memiliki luas 68 hektar. Luas tersebut terbilang cukup besar untuk ukuran situ yang dibangun pada jama kolonial yaitu pada tahun 1912.

sourcE:@todipandapotan
Sedangkan untuk sumber mata air di situ Lembang Bandung ini berasal dari hulu sungai Cimahi dan beberapa sumber mata air di sekitarnya. Karena merupakan situ terbesar yang ada di Bandung utara, maka air yang berasal dari Situ juga digunakan untuk mengaliri Sungai Cimahi dan Curug Cimahi.

Selain terkenal karena luasnya, Situ Lembang Bandung juga terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan karena panorama alamnya yang begitu eksotis. Deretan pohon pinus yang tumbuh di sisi situ membuat suasana di Situ Lembang Bandung terasa sangat sejuk dan tenang. Air nya yang berwarna hijau jernih juga menambah kesan damai dan tenang saat anda berada di lokasi wisata ini. Anda dapat menikmati keindahan alam Situ Lembang Bandung dengan bersantai di pinggir situ atau melakukan kegiatan menarik lainnya seperti memancing.

Banyak wisatawan yang datang ke Situ Lembang Bandung untuk memancing, karena di tempat wisata ini terkenal banyak ikannya. Selain memancing, untuk anda yang suka dengan kegiatan alam juga bisa bercamping di area Situ Lembang Bandung. Di kawasan Situ ini terdapat savana yang cukup luas dan sangat cocok untuk kegiatan alam seperti camping.

Untuk menuju lokasi Situ Lembang Bandung anda bisa melalui 2 rute yaitu rute Cihidueng dan rute Cimahi. Jika anda menggunakan rute Cihideung maka jalan yang akan anda lalui adalah pertigaan Setiabudi-Ledeng-Cisarua-Cimahi-Situ Lembang. Dan jika anda menggunakan rute Cimahi maka anda bisa mengambil jalur Lembang-Cimahi atau lewat Curug Cimahi, jarak dari Curug Cimahi menuju lokasi Situ yaitu 2 km.

Namun sayangnya lokasi wisata Situ Lembang Bandung saat ini sudah di tutup karena beberapa hal yaitu :

1. Di jadikan sebagai tempat latihan militer khususnya Kopasus. Di Situ Lembang Bandung ini lah mereka melakukan latihan tempur dan melakukan simulasi strategi perang. Saat melakukan simulasi strategi perang mereka juga menggunakan sarana seperti bom atau benda berbahaya lain, oleh sebab itu lah tempat ini disterilkan dari pengunjung luar. Tujuannya tak lain dan tak bukan hanyalah untuk menjaga keamanan para wisatawan yang hendak mengunjungi tempat wisata ini. Namun anda tidak perlu khawatir karena saat latihan sedang tidak berlangsung, Situ Lembang Bandung akan di buka kembali untuk wisatawan.

Situ Lembang Bandung
source:@nnlstr
2. Sebagai cagar alam dan ekologi maka mengharuskan petuas menjaga lokasi Situ dengan sangat ketat. Hal ini juga kadang membuat Situ Lembang Bandung di tutup untuk sementara. Ini bertujuan untuk menjaga kelestarian Situ dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, hal ini juga membuat peraturan yang di tetapkan pada pengujung Situ menjadi sangat ketat.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Situ Lembang Bandung? Jika anda tertarik mengunjungi tempat wisata yang penuh pesona ini, pastikan terlebih dahulu apakah tempat ini sedang di buka untuk umum atau tidak.