wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

13 Tempat Nongkrong di Jogja yang Enak dan Murah

Berlibur di Jogja tentu asyik rasanya jika sambil berkelana ke 13 Tempat Nongkrong di Jogja ini. Cukup istirahat secukupnya saja dan persiapkan diri untuk menjelajahi tempat-tempat wisata populer di Jogja. Salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi saat di Jogja adalah tempat nongkrong. Nongkrong sambil menikmati makanan ringan, kopi dan keadaan sekitar seperti menjadi tren tersendiri di kota yang juga terkenal dengan makanan gudegnya ini. Lalu, Anda harus kemana jika ingin nongkrong bersama teman-teman saat menghabiskan waktu di Jogja? 

Berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat nongkrong di Jogja yang patut untuk dicoba.

Tugu Jogja

Tempat Nongkrong di Jogja Tugu Jogja
source:singgahjogja.wordpress.com

Walaupun tampaknya hanya sederhana yaitu sebuah tugu, tapi lokasi ini bisa dibilang salah satu tempat hits di Jogja. Tempat ini berupa tugu dengan cat putih dengan tambahan sepuhan emas. Letaknya berada di tengah perempatan Jalan AM. Sangaji, Jalan Diponegoro, Jalan Sudirman, dan Jalan Margo Utomo. Salah satu aktivitas utama saat berada di Tugu Jogja adalah berfoto di dekat tugu tersebut.

Lokasinya yang berada di tengah jalan membuat jalan sekitar Tugu Jogja menjadi sangat padat di pagi dan siang hari. Karena itu, Anda bisa menunggu hingga sore atau malam hari saat jalanan mulai lengang. Justru pada malam hari tempat nongkrong di Jogja ini lebih memikat. Cahaya di langit mulai redup berubah menjadi gelap.

Setelah itu, lampu-lampu di sekitar area Tugu Jogja akan menyala. Kesan yang tercipta adalah hangat sehingga banyak orang yang tidak terlalu peduli walaupun hawa di sekitar sedang dingin. Jika sudah begini, sangat rugi rasanya jika tidak segera menyempatkan untuk berfoto di sekitar Tugu Jogja. Selengkapnya tentang Serunya Nongkrong di Tugu Jogja

Malioboro

Tempat Nongkrong di Jogja Malioboro

Siapa yang tidak kenal dengan Malioboro? Tempat ini seperti menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Jogja. Anda bisa menjadikan Malioboro sebagai tempat nongkrong di Jogja malam hari. Sama seperti Tugu Jogja, Malioboro juga tidak hanya bisa dinikmati pada siang hari saja. Justru saat malam suasananya berbeda.

Warna-warni lampu kota di sekitar Malioboro membuat kawasan ini menjadi semakin indah. Menikmati jalanan sepajangan Malioboro lebih asyik dengan berjalan kaki. Sembari berjalan, Anda bisa melihat-lihat berbagai pernak-pernik yang dijual di sekitarnya. Jika ingin nongkrong sambil menikmati hiruk pikuknya, langsung saja pilih angkringan atau warung yang ada di sana.

Titik Nol Kilometer

Tempat Nongkrong di Jogja Titik Nol Kilometer

Jika masih ingin berjalan-jalan dan mencari tempat nongkrong di Jogja, maka cobalah mengunjungi kawasan Titik Nol Kilometer. Sembari nongkrong di kawasan ini, Anda akan diajak untuk melihat bangunan-bangunan tua yang memiliki nilai historis yang tinggi. Tempat ini juga menarik dikunjungi saat malam hari.

Pendar remang-remang lampu di sekitar kawasan ini membuat suasananya romantis dan hangat. Jika Anda datang ke Jogja beramai-ramai dengan kawan atau rekan satu komunitas, jangan lupa untuk mengunjungi tempat nongkrong di Yogyakarta ini. Anda juga akan mendapati berbagai komunitas berkumpul di tempat ini.

Alun-Alun Utara Jogja

Tempat Nongkrong di Jogja Alun-Alun Utara

Jika Anda tipikal orang yang suka keramaian, maka cobalah nongkrong di Alun-Alun Utara kota Jogja. Di alun-alun ini biasanya digelar acara besar seperti Sekaten. Jika tidak ingin melewatkan suasana nongkrong saat Sekaten, maka berkunjunglah ke Jogja jelang Maulid Nabi Muhammad SAW.

Saat Sekaten digelar, Alun-Alun Utara Jogja akan sangat ramai. Anda bisa nongkrong di malam hari sembari menikmati suguhan pasar malam. Selayaknya pasar malam, Anda bisa menjajal berbagai permainan seperti bianglala, komedi putar, kora-kora, dan lain sebagainya. Jangan lupa pula nongkrong sambil menikmati jajanan tradisional khas pasar malam.

Alun-Alun Selatan Jogja

Tempat Nongkrong di Jogja Alun-Alun Selatan

Ternyata bagian lain alun-alun Jogja juga menarik perhatian. Jika ingin nongkrong di malam hari dengan kerlap-kerlip lampu, maka kunjungi Alun-Alun Selatan atau Alun-Alun Kidul Jogja. Atraksi paling menarik di kawasan ini adalah kendaraan hias. Sebelum nongkrong di area alun-alun, tidak ada salahnya mencoba naik kendaraan hias.

Setidaknya, Anda harus mengeluarkan dana sekitar Rp. 30.000 hingga Rp. 50.000 untuk naik kendaraan hias dengan kerlap-kerlip lampu ini. Selain itu, Anda juga bisa melewati pohon legendaris di alun-alun ini yaitu pohon beringin. Keunikkannya adalah Anda harus berhasil melewati celah dua pohon beringin tersebut dengan mata tertutup. Dipercaya jika Anda berhasil melakukannya, maka permintaan Anda akan terkabul.

Sembari nongkrong di Alun-Alun Selatan atau Kidul ini, tidak ada salahnya mencoba kedua atraksi menarik tersebut.

Selengkapnya tentang Murah Meriah Nongkrong di Alun-Alun Jogja

Monumen Jogja Kembali

Tempat Nongkrong di Jogja Monumen Jogja Kembali

Jika tidak hanya sekedar mencari tempat nongkrong di Jogja, maka Monumen Jogja Kembali bisa menjadi jawaban. Pasalnya, tempat ini adalah sekaligus museum sehingga banyak  sekali peninggalan bersejarah. Sebelum nongkrong di area ini, sempatkan waktu untuk berkeliling dan mempelajari perjuangan Indonesia melalui museum yang ada di Monumen Jogja Kembali. Untuk tempat nongkrongnya sendiri, Anda bisa menggunakan area Taman Pelangi. Saat malam hari akan ada lampion-lampion yang menyala membuat suasana menjadi romantis dan hangat.

Angkringan KR

Tempat Nongkrong di Jogja  Angkringan KR

Nongkrong seperti tidak lengkap tanpa makanan dan minuman. Bagi Anda yang suka nongkrong di malam hari, maka Angkringan KR adalah pilihan tempat nongkrong murah di Jogja. Lokasi dari angkringan ini berada di depan Kantor Redaksi Kedaulatan Rakyat. Walaupun tampak sederhana namun angkringan ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, banyak anak muda dan komunitas di Jogja yang memilih untuk Angkringan KR sebagai tempat nongkrong di Jogja.

Menu yang ditawarkan juga ramah di kantong namun tetap nikmat. Untuk Anda yang lapar di malam hari, silakan langsung nikmati nasi kucing, nasi kikil, nasi oseng tempe, nasi teri, atau nasi usus. Jika tidak ingin menikmati makanan yang berat, pesan saja sepiring gorengan. Jangan lupa pula nongkrong sambil menikmati minuman khas angkringan ini, es susu tapai hijau atau kopi. Dijamin Anda pasti bisa bertahan begadang. Harganya sangat terjangkau, mulai dari Rp. 1.000 hingga Rp. 5.000 saja.

Baca Juga Nongkrong Sambil Menikmati Kuliner Khas Jogja Di Angkringan KR

Angkringan Wilijan

Tempat Nongkrong di Jogja Angkringan Wilijan

Satu lagi angkringan yang bisa dijadikan tempat nongkrong di Jogja adalah Angkringan Wilijan. Angkringan ini mirip dengan Angkringan KR. Menu yang ditawarkan adalah menu sederhana khas angkringan seperti sate telur puyuh, telur ceplok, tumis cumi-cumi, ayam goreng, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000 saja. Dinamakan sebagai Angkringan Wilijan karena lokasinya memang berada di Jalan Wilijan.

Blanco Coffee and Book

Blanco Coffee and Book

Jika Anda ingin suasana tempat nongkrong di Jogja yang lebih modern, Anda bisa nongkrong di café. Semakin populernya Jogja membuat banyak sekali café baru yang bisa dikunjungi untuk tempat nongkrong. Salah satunya adalah Blanco Coffee dan Book.

Sesuai dengan namanya, maka café ini sangat cocok untuk Anda yang suka sekali minum kopi. Tidak hanya itu saja, Anda yang suka membaca buku juga pas nongkrong berjam-jam untuk sekedar menikmati menu dan buku favorit Anda.

Walaupun dikonsep secara modern, namun area Blanco Coffee and Book luas dan nyaman. Bisa dikatakan ini adalah tempat nongkrong enak di Jogja. Cukup keluarkan uang mulai Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000 untuk menikmati menu-menu yang tersedia. Sebagai saran, cobalah menu utamanya, croissant.

House of Raminten

House of Raminten

Saat berjalan-jalan di Jalan FM Noto Nomor 7, jangan lupa untuk mampir dan mencoba nongkrong di House of Raminten. Salah satu keunikkan dari House of Raminten adalah tidak pernah tutup. Ya, House of Raminten buka 24 jam sehingga Anda bisa datang kapanpun Anda mau.

Sembari nongkrong di tempat ini, cobalah minuman andalan mereka yaitu wedang serai dan wedang uwuh. Jika sedang lapar rasakan kelezatan nasi kucing, nasi liwet, dan nasi ijo. Menu unik yang patut Anda coba adalah Koteka. Untuk harganya sendiri terbilang terjangkau. Anda sudah bisa merasakan kenikmatan menu yang ditawarkan dengan mengeluarkan uang mulai Rp. 1.000 hingga Rp. 25.000 saja.     

Sendratari Ramayana

Sendratari Ramayana

Nongkrong sambil melihat pertunjukkan juga bisa dijadikan pilihan saat berlibur di Jogja. Karena itu, Anda bisa mengunjungi Sendratari. Lokasinya berada di area Candi Prambanan. Pertunjukkan utama dari sendratari ini adalah cerita Epic Ramayana.

Pertunjukkan ini biasanya digelar pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Pagelaran tersebut dilakukan pada malam hari. Untuk pagelaran di luar ruangan, pertunjukkan Ramayana digelar di Open Air Theater. Sedangkan untuk di dalam ruangan, pagelaran akan digelar di Tri Murti Theater.

Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja

Anda suka menikmati alam? Jika ya, jangan lupa untuk nongkrong di Bukit Bintang saat berada di Jogja. Ada baiknya mengunjungi Bukit Bintang pada malam hari. Pasalnya, pada malam hari pemandangannya indah dengan kerlap-kerlip cahaya lampu. Lokasinya juga sangat romantis dan terletak di perbukitan Pathuk. Atraksi utama dari Bukit Bintang adalah kerlap-kerlip bintang-bintang di langit yang sangat indah.

Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan

Nongkrong sambil mencari atau melihat kerajinan khas Jogja bisa dilakukan di Pasar Seni Gabusan. Silakan mengunjungi jalan Parangtritis Km. 9, Bantul, Jogjakarta. Bayangkan saja, Anda mengunjungi pasar seni terbesar dengan berbagai kerajinan tangan. Akan lebih ramai lagi jika Anda datang pada gelaran tertentu seperti Bantul Expo atau gelaran Sekaten. Pasar Seni Gabusan juga cocok untuk Anda yang suka jalan-jalan dan nongkrong di malam hari.

Nah, sudah ada beberapa referensi tempat nongkrong di Jogja. Anda bisa memasukkan dalam daftar tempat yang harus dikunjungi saat berlibur di Jogja. Pastikan pula Anda memilih tempat tinggal atau penginapan yang dekat dengan lokasi nongkrong yang ingin Anda kunjungi. Jika Anda punya waktu yang panjang, Anda bisa mencoba nongkrong di beberapa tempat tersebut di atas dan rasakan perbedaan suasana yang Anda dapatkan.

Yang paling penting, liburan Anda di Jogja menjadi menyenangkan dan berkesan. Nongkrong di Jogja tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Hal ini terbukti dari tempat-tempat nongkrong yang ada di daftar tersebut di atas.

Tempat-tempat nongkrong tersebut bisa dibilang gratis. Kalaupun Anda harus mengeluarkan uang, Anda menggunakan biaya tersebut untuk mengisi perut Anda dan teman-teman yang sedang keroncongan. Nongkrong sambil menikmati kuliner khas Jogja sangat mengasyikkan. Jadi, selamat berlibur dan jangan lupa nongkrong di tempat-tempat asyik di Jogja yang sudah ada dalam daftar di atas.