wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

5 Daerah Kota Dingin di Indonesia yang Wajib Kalian Kunjungi

source:pojokmalam.blogspot.com

5 Daerah Kota Dingin di Indonesia – Sebagai negara yang beriklim tropis, Indonesia memiliki suhu udara yang sangat tinggi. Terlebih dengan polusi udara yang akan membuat indonesia semakin panas dan lembap. Namun, walaupun demikian indonesia tetap mempunyai kota yang memiliki suhu dingin, bahkan hingga nol derajat celcius.

Berikut daftar 5 Daerah Kota Dingin di Indonesia :

1.Mulia, Puncak Jaya di Papua

Puncak Jaya Papua
source: viva.co.id
Mulia adalah sebuah kota pegunungan kecil yang berlokasi di kabupaten Puncak jaya di Papua dan juga terletak pada ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut. Meskipun kecil, Mulia terlihat sudah cukup ramai dengan bangunan – bangunan kantor pemerintahan. Jalan – jalan sudah beraspal dan infrastruktur pendukungnya pun sudah memadai walaupun masih dalam jumlah sedikit. Terdapat satu bandara kecil di Mulia yang hanya bisa di landasi oleh pesawat jenis Caravan yang hanya dapat di isi oleh sembilan orang saja. Untuk menuju Mulia, anda bisa naik pesawat selama sekitar satu jam dari Jayapura dan anda akan melewati rute yang mendebarkan dada kerana pesawat harus meliuk – liuk untuk melewati sela – sela gunung.

2. Padang Panjang, Padang di Sumatera Barat

Padang Panjang
source : wikimedia.org
Berada di lokasi dengan letak 650 hingga 950 meter di atas permukaan laut, Padang Panjang memiliki udara yang cukup dingin. Terdapat tiga gunung yang mengelilingi Padang Panjang, antara lain gunung merapi, gunung singgalang, dan gunung tandikat. Jadi, tidak di herankan dengan adanya tiga gunung tersebut memberikan suasana Padang Panjang yang sejuk dan udara yang cukup dingin. Curah hujan di kota ini cukup tinggi dengan rata – rata 3.295 mm per tahun dan suhu udara terendah yaitu 21.8 derajat celcius.

3. Kota Batu, Jawa Timur

Kota Batu, Jawa Timur
source:initempatwisata.com
Kota Batu yang mempunyai jarak hanya 30 menit dari Kota Malang ini memiliki banyak sekali objek wisata alam ataupun buatan yang wajib di kunjungi karena memiliki pesona yang indah. Kota kecil yang berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut ini sangat cocok untuk destinasi wisata keluarga, karena cuaca di Kota Batu yang sejuk dan damai. Selain itu, juga banyak pilihan tempat wisata edukatif bagi anak – anak. Wisata Alam di Kota Batu antara lain pemandian air panas di Cangar, air terjun Coban Rondo, dan Coban Sewu, olahraga parlayang dan Out bond, ada juga taman – taman seperti Jatim Park, Kebun binatang Batu Secret Zoo dan juga Museum Satwa yang sangat bagus sekali.

4. Ruteng, Manggarai, di Nusa Tenggara Timur

Ruteng Manggarai, NTT
source:bumi-nusantara.blogspot.com
Ruteng memiliki udara yang cukup dingin yang berada di ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut membuatnya sangat istimewa. Tak hanya itu saja, yang tak kalah istimewa lagi yaitu Ruteng memiliki pemandangan kota layaknya di Praha dengan bangunan yang bergaya Eropa sehingga Ruteng mendapat julukan sebagai salah satu kota terindah yang ada di Indonesia, sebutan itu sangat melekat pada kota kecil yang berlokasi di manggarai ini. Selain itu, kota ini juga memiliki area persawahan yang masih lebar dan hijau, dengan pemandangan gunung yang indah  terlihat dari kejauhan. Kota ini juga sangat cocok bagi anda yang memiliki hobi berwisata ke goa. Ruteng memiliki goa yang di dalamnya di temukan sisa – sisa tulang manusia purba Homo Floresenesis, goa tersebut bernama Goa Liang Bua. Dan juga untuk anda yang ingin berwisata sejarah di kota ini juga ada. Datang saja ke Desa Adat Compang Ruteng mempunyai rumah tradisional layaknya  Honai di Papua.

5. Wonosobo, Jawa Tengah

Telaga Warna , Wonosobo
source:tribunnews.com
Wonosobo yang berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan merupakan kota terdingin di Jawa Tengah ini memiliki suhu mencapai 18 derajat celcius pada saat siang hari, dan 13 derajat celcius jika pada malam hari. Wonosobo sangat terkenal dengan tanahnya yang ubur, selain itu juga pemandangan alam yang eksotis dan menjadi salah satu jalur pendakian ke beberapa gunung terkenal yang ada di Indonesia, seperti gunung Dieng, dan gunung prau.