wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

Hal - Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mendaki Gunung

www.swastamita.comSaat ini Mendaki Gunung merupakan kegiatan yang semakin digemari oleh banyak orang.  Banyak anak muda yang memilih mendaki gunung untuk menghabiskan masa liburan mereka. Selain di rasa menyenangkan, mendaki gunung memang akan sangat seru saat dilakukan bersama dengan orang terdekat. 

Hal-Hal yang perlu diperhatikan sebelum Mendaki Gunung

Traveling
image source : scout.org

Namun, tentunya mendaki gunung bukan hanya sekedar mendaki tanpa adanya persiapan. Banyak orang yang terbuai dengan pemandangan indah pendakian gunung, ikut-ikutan mendaki tanpa persiapan yang matang sehingga timbullah hal-hal yang tidak diinginkan. Nah, supaya pendakian gunung kamu lancar, untuk kamu para pemula, wajib nih tahu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum mendaki gunung. Simak uraian berikut ini yaa..

Persiapan Mental dan Fisik

Hal pertama dan utama yang perlu diperhatikan adalah kondisi mental dan fisik. Tentunya saat pendakian gunung kamu memerlukan stamina yang tidak sedikit. Ditambah lagi dengan perlengkapan yang perlu dibawa cukup banyak. Jika ini adalah pendakian gunung pertamamu, usahakan olahraga secara rutinberminggu-minggu sebelumnya. Sehingga kondisi fisik lebih siap saat melakukan pendakian. Sementara untuk persiapan mental, yaitu dengan bersabar setiap langkahnya, karena pemandangan indah puncak gunung tidak didapatkan secara instan.

Menyiapkan Perlengkapan Mendaki

Hal selanjutnya yang wajib kamu perhatikan adalah Perlengkapan Mendaki. Perlengkapan disini baik perlengkapan individu maupun perlengkapan kelompok. Perlengkapan kelompok seperti tenda, matras, alat masak dan sebagainya yang memang ditujukan untuk kepentingan bersama. Sementara untuk perlengkapan pribadi, seperti obat-obatan, pakaian hangat, perbekalan, dan sebagainya yang bersifat pribadi. Agar memudahkan, buat daftar perlengkapan yang diperlukan. Jangan menyepelekan dan bergantung pada orang lain. Jika kamu belum punya perlengkapan dasar mendaki, kamu juga bisa menyewa di rental outdooryang tersedia.

Pelajari area Pendakian

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah Mempelajari Area Pendakian. Jangan anggap remeh medan pendakian, salah salah kamu justru tersesat karena salah ambil jalur. Kamu bisa bertanya pada orang yang telah melakukan pendakian ke gunung yang akan kamu tuju. Bisa juga dengan mencari referensi di internet seperti membaca blog tentang pendakian.

Mempersiapkan kebutuhan logistik dan air tentu menjadi hal yang wajib diperhatikan. Perjalanan yang panjang tentu akan sangat menguras fisik, itu sebabnya asupan makanan untuk memulihkan tenaga sangatlah penting. Sebelum persiapan logistik, perhitungkan dulu jarak dan kisaran waktu yang diperlukan dalam pendakian. Jika tujuan pendakian di luar kota, lebih baik belanja logistik saat di tempat tujuan agar tidak berat di perjalanan. Memperhitungkan waktu dan jarak juga bertujuan agar kita membawa logistik seperlunya. Untuk persiapan air, agar aman siapkan 2 botol air mineral 1500 ml per orang. Air ini tidak hanya untuk minum tapi juga untuk memasak.

Jika kamu dan temanmu sama-sama pendaki pemula, ajaklah minimal satu teman yang sudah pernah mendaki gunung. Mendaki gunung bukanlah hal yang mudah, dengan  mengajak minimal seorang ahli, resiko tersesat akan lebih kecil dan tentunya akan lebih aman.

Berdoa

Pesiapan yang tak kalah penting adalah berdoa. Jangan pernah lupa berdoa sebelum memulai sesuatu. Memohon keselamatan dan kelancaran pada Tuhan juga menunjukkan kita sebagai makhluk lemah dan tidak punya hak untuk angkuh.

Nah itu dia, Hal - Hal yang PerluDiperhatikan Sebelum Mendaki Gunung. Hal lain yang perlu kamu ingat juga adalah ; Jangan buang sampah sembarangan. Pendaki yang baik adalah pendaki yang tidak meninggalkan sampah di gunung dan senantiasa menjaga lingkungannya. Semoga bermanfaat J