wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

5 Wisata Bawean yang Mempesona

www.swastamita.com – Pulau bawean gresik adalah sebuah pulau yang ada di pulau jawa, tepatnya di kabupaten gresik jawa timur dengan jarak kurang lebih 120 km jika dihitung dari kabupaten gresik tersebut. Pulau bawean ini merupakan pulau berpenghuni dengan 70.000 jiwa penduduk yang terbelah menjadi dua kecamatan yakni kecamatan tambak dan kecamatan sangkapura. Pencaharian penduduk di pulau bawean ini mayoritas bekerja sebagai nelayan dan petani. Untuk mengunjungi pulau bawean ini di butuhkan 3 jam dari pelabuhan gresik dengan menggunakan transportasi kapal cepat.

Pulau bawean Gresik ini sangat menarik untuk di bahas. Bahwasanya  pulau kecil ini merupakan pulau yang masuk administrasi kabupaten gresik dengan mempunyai beberpa tempat wisata alam yang tidak kalah dengan wisata lainnya yang ada di Indonesia. Mulai dari wisata pantai, air terjun dan danau yang ada di pulau bawean ini.

Selain itu, kalian juga dapat berbaur dengan masyarakat tersebut dengan menikmati berbagai budaya setempat. Namun sayangnya pemerintah kurang memperhatikan pulau ini sehingga pulau bawean ini tidak terkelola dengan baik untuk sektor pariwisata. Harapannya semoga pemerintah dapat lebih pro aktif lagi dalam meningkatkan pariwisata di pulau bawean gresik ini.

Berikut ini ada beberapa tempat wisata alam di pulau bawean yang dapat kalian kunjungi.

1. Tanjung Gaang

Tanjung Gaang
source:rusabawean.com

Di Tanjung Gaang ini kalian akan menjumpai tebing—tebing yang menjulang tinggi dan hamaran batu karang. Lokasi wisata ini terletak di sebelah barat pulau bawean. Untuk menjangkau wisata ini, kalian dapat naik perahu nelayan untuk menyusuri lautnya atau sekadar hanya menikmati pemandangan hamparan batu karang dan tebing tebing serta dapat melihat indahnya birunya air laut.

2. Danau Kastoba

Danau Kastoba
source:trhadventure.wordpress.com
Danau kastoba merupakan satu satunya danau yang ada di pulau bawean. Danau ini masih sangat alami dan berada di atas bukit. Oleh karena itu bagi kalian yang ingin mengunjungi danau ini harus melintasi tebing dan hutan dengan melewati jalan setapak. Lokasi danau kastoba ini berada di tengah-tengah  pulau bawean, tepatnya berada di kecamatan Tambak. Kalian dapat merasakan jernihnya air danau yang tenang dengan berenang di danau kastoba ini.

3. Pulau Gili

Pulau Gili Bawean
source:pegipegi.com
Wisata alam di pulau bawean  yang ketiga yaitu pulau gili. Pulau gili ini  berjarak 2,3 km dari sebelah timur pulau bawean. Kalian dapat menggunakan transportasi perahu nelayan untuk menjangkau pulau ini selama 30 menit. Pulau gili ini merupakan pulau yang berpenghuni  sekitar 700 kepala rumah tangga. Di pulau gili ini kalian dapat menikmati indahnya matahari terbenam di  pantai yang mempunyai pasir putih.

4. Pulau Noko

Pulau Noko Bawean
source:triptrus.com

Pulau noko merupakan pulau kecil yang berada di sebelah pulau gili dengan luas pulau sekitar 1 km persegi. Seluruh daratan di pulau ini di penuhi dengan pasir putih serta hanya di tumbuhi oleh semak belukar. Selain  kalian menikmati daratan yang di penuhi pasir putih, kalian juga bisa bersnorkling tetapi dengan membawa peralatan sendiri.

5. Air terjun Laccar

Air terjun Laccar
source:pergiberwisata.com
Sebenarnya di pulau bawean ini terdapat banyak air terjun.  Salah satunya yaitu air terjun laccar yang satu-satunya mempunyai ketinggan 10 meter. Air terjun ini terletak di desa teluk dalam demgan sekitar 15 km dari kecamatan sangkapura. Kalian dapat menikmati air terjun yang masih alami dengan sekelilingnya di penuhi oleh aneka flora.
Penangkaran Rusa Bawean

Wisata ini merupakan wisata yang langka yang hanya ada di pulau bawean. Rusa di penangkaran ini mempunyai nama latin yaitu Axis Kuhli yang terancam akan punah. Luas penangkaran rusa ini sekitar 4 ha. Kalian juga bisa melihat rusa rusa liar yang lainnya. Namun bagi pengunjung yang datang tidak boleh sembarangan untuk memberikan makan kepada rusa –rusa tersebut.

Itulah tadi beberapa wisata yang dapat anda kunjungi  di pulau bawean. Di pulau bawean ini masih belum ada tempat informasi wisata jadi  jika kalian masih kebingungan ketika berada di pulau bawean, kalia bisa bertanya kepada warga setempat.