wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

Air Terjun Toroan Madura , Indah Banget

Air Terjun Toroan Madura - Setiap kali mendengar kata Madura, mungkin hal pertama yang akan hadir dibenak anda ialah sate Madura dan kaus bergaris berwarna merah dan putih. Namun terlepas dari kedua hal tersebut, Madura juga memiliki kekayaan lainnya berupa keindahan dan wisata alamnya.

Sebut saja Air Terjun Toroan Madura yang memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri. Mengapa air terjun ini sangat unik dan istimewa? Karena Air Terjun Toroan Madura ini merupakan air terjun yang langsung menyatu dengan pantai. Luar biasa bukan?

Air Terjun Toroan Madura
source:jalankemana.com
Kabar baiknya bagi anda ialah, lokasi Air Terjun Toroan Madura ini tidak terlalu jauh dari jalan raya, sehingga anda masih bisa menjangkaunya dengan kendaraan umum. Air terjun ini tepatnya berlokasi di Sampang, Madura, Jawa Timur, Kepulauan Madura.

Lokasi Air Terjun Toroan Madura

Untuk dapat sampai di Air Terjun Toroan Madura, anda tidak bisa terus menggunakan kendaraan jika kebetulan anda menggunakan kendaraan roda empat. Anda bisa menitipkannya dengan masyarakat setempat karena mereka memang sudah terbiasa dengan hal tersebut.

Kemudian anda harus berjalan kaki melewati lembah yang lumayan curam, jaraknya memang tidak terlalu jauh, namun mengingat jalan yang harus anda lalui, anda tetap dituntut untuk berhati-hati. Untuk informasi tambahan bagi anda, air terjun yang mengalir ini berasal dari air Sungai Payung yang terletak di Kecamatan Timur.

Untuk menambah keindahannya, disekeliling Air Terjun Toroan Madura anda juga bisa melihat pepohonan yang cukup rindang. Ini juga penyebabnya mengapa suasana di sekitar sini cukup teduh dan sejuk. Batu-batu besar yang ada di sekitarnya juga menambah kesan harmonis dan eksotis pada wisata alam satu ini. Apalagi jika ombak menghantam bebatuan tersebut dan mengeluarkan suara alam yang indah.

BACA JUGA : Tempat Wisata Di Ponorogo, Kenali Ini Dulu Ya

Jika anda merasa belum puas dengan pemandangan tersebut, sebaiknya anda bersabar sedikit lagi hingga senja tiba. Ketika malam akan segera datang, matahari akan mulai terbenam, langit menjadi kemerahan dan jernihnya air mulai tidak terlihat. Suasana seperti ini sangat cocok untuk anda lalui bersama dengan orang yang sangat anda cintai.

Hingga kini, keasrian dan kealamian Air Terjun Toroan Madura bisa dibilang masih cukup terjaga. Namun sayangnya, belakangan ini tempat wisata ini sedikit terusik dengan adanya para penambang pasir ilegal. Banyak orang yang menyayangkan hal tersebut, namun kenyataannya hingga kini aktifitas ini masih saja berlanjut.

Jika anda memiliki hobi potograpy seperti kebanyakan pengunjung, maka keindahan disini bisa anda jadikan spot yang cukup menjanjikan. Hingga kini, sudah ada beberapa pasangan juga yang menjadikan Air Terjun Toroan Madura sebagai tempat foto pre-wedding mereka.

Jika anda memilih menggunakan kendaraan umum untuk bisa sampai disini, dari Pelabuhan Kamal anda bisa menaiki mobil L 300 yang nantinya menuju Kecamatan Ketapang. Ongkos yang diberikan juga sangatlah murah, yakni 20.000 rupiah saja.

Namun jika anda turun di Terminal Bungurasih, selanjutnya pilihlah Bus yang menuju Kabupaten Sampang, baru kemudian anda turun di wilayah Barisan, dan menggunakan angkutan L 300 untuk sampai di Kecamatan Ketapang.

Untuk memasuki kawasan Air Terjun Toroan Madura, anda tidak akan dikenakan biaya sebagai tiket masuk. Namun, jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda hanya akan dimintai biaya parkir, yang juga masih sangat murah. Untuk biaya parkir mobil sebar 10.000 rupiah, sedangkan untuk biaya parkir sepeda motor cukup separuhnya saja.

Nah, apakah anda sudah merasa tertarik untuk mengunjungi wisata indah, unik dan murah ini? Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya ya.