wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

Pantai Tambakrejo Blitar Bisa Anda Jadikan Pilihan Terbaik Buat Liburan

www.swastamita.com - Kota Blitar memang dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki koleksi pantai yang banyak. Tidak hanya banyak, setiap pantai yang dimilikinya juga sangat indah dan memiliki keberagaman keindahan yang berbeda-beda, begitu juga dengan Pantai Tambakrejo Blitar.

Pantai Tambakrejo Blitar ini sendiri terletak di bagian Selatan Kota Blitar, berjarak kurang lebih 30 km dari Pusat Kota Blitar, tepatnya di Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto. Itu artinya anda hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih setengah jam saja dari Kota Blitar selama jalannya masih lancar.

Pantai Tambakrejo Blitar
source:@evielaksmi

Pantai Tambakrejo Blitar Menakjubkan

Salah satu daya tarik dari Pantai Tambakrejo Blitar ini ialah perpaduan hamparan pasir putih dan birunya air laut yang sangat indah. hamparan pasir putih yang dimiliki juga cukup luas, yakni sekitar 10 km. Tidak hanya itu saja, kebersihan dan keasrian dari pantai ini juga masih sangat terjaga.

Jika anda ingin berenang dan bermain air, sangat dianjurkan bagi anda untuk bermain di pinggiran pantai saja. Seperti Laut Selatan pada umumnya, Pantai Tambakrejo Blitar juga memiliki  ombak yang lumayan besar. Hal ini bisa anda lihat peringatan yang dipasang di sekitar pantai.

Namun, jika anda ingin berfoto dengan suasana yang sedikit berbeda, maka tidak ada salahnya anda menuju arah timur dari pintu masuk, anda akan menemukan kapal nelayan yang ditambatkan dengan rapi.

BACA JUGA :  Air Terjun Toroan Madura , Indah Banget

Tidak jauh dari situ, anda juga langsung melihat  aktifitas para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan pengalaman dan hal-hal baru, bukan hanya sekedar berlibur dan menghilangkan penat saja.

Mengunjungi Pantai Tambakrejo Blitar pada sore hari merupakan keputusan yang paling tepat bagi anda. mengapa? Karena keindahan pantai dan langit ketika senja akan membuat  anda berdecak kagum dan tak henti-hentinya mengambil gambar dengan kamera anda.

Langit yang berubah menjadi kemerahan membuat siapa saja menjadi lebih bersemangat untuk menjadikannya sebagai latar belakang foto yang mereka ambil. Atau ada juga sebagian dari mereka yang sengaja mengambil foto dengan dengan gaya siluet. Semuanya tergantung dengan kesukaan anda.

Apabila anda sudah merasa bosan dan ingin berkeliling dengan cara yang sedikit berbeda, maka anda bisa menyewa perahu milik nelayan untuk mengelilingi Pantai Tambakrejo Blitar ini. Dengan begini, anda tidak akan merasa kelelahan untuk berkeliling pantai.

Untuk urusan perut, penjual dan penjaja makanan yang berada di sekitar Pantai Tambakrejo Blitar sudah siap memanjakan anda. menu makanan yang disediakan juga cukup beragam, mulai dari seafood hingga makanan yang biasa dapat anda temui disini. Untuk masalah harga, anda juga tidak perlu terlalu khawatir, karena harga yang diberikan masih cukup terjangkau bagi kantong siapa saja.

Jika anda tidak ingin sekedar menikmati keindahan pemandangan, anda sebaiknya mengunjungi Pantai Tambakrejo Blitar ini ketika sedang dilaksanakan ritual Larung Saji. Ritual ini merupakan ritual yang dilaksanakan ketika datangnya Tahun Baru Islam.

Setelah dilaksanakan tarian-tarian, barulah selanjutnya akan diiring dua tumpeng besar menuju pantai. Setelah sesepuh mereka membacakan doa dengan khidmat, barulah tumpeng tersebut akan dilarungkan ke laut. Ritual ini juga menjadi salah satu bukti bahwa masyarakat setempat masih sangat menjaga kebudayaan yang diwariskan dari para leluhur mereka.

Jika anda sedang berada di Kota Blitar, jangan lupa mampir ke Pantai Tambakrejo Blitar ini ya, karena anda dijamin tidak akan merasa kecewa. Karena Pantai Tambakrejo Blitar sudah cukup terkenal, ada baiknya anda mengunjungi pantai ini tidak pada waktu libur panjang.