wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

Mengintip Panorama di Air Terjun Nglirip Tuban

Air Terjun Nglirip Tuban - Tuban memang belum menjadi kota tujuan utama wisata di Indonesia. Meskipun begitu, bukan berarti Tuban tidak memiliki keindahan dan keeksotisannya sendiri. bagi mereka yang suka berpetualang, biasanya malah sengaja mencari tempat wisata yang memang belum terlalu banyak di ekspos, sehingga keadaan di sekitarnya masih benar-benar asri.

Air Terjun Nglirip - Tuban
source:@dwiputriws

Bagi masyarakat Tuban sendiri, salah satu tempat wisata yang sudah tidak asing lagi ialah Air Terjun Nglirip Tuban. Luasnya kolam dan tinggi serta lebarnya curahan air yang turun setiap hari menjadikan air terjun ini sebagai salah satu tempat wisata alam yang mengundang siapa saja untuk mendatanginya.

Jika anda ingin segera mendatangi Air Terjun Nglirip Tuban ini, anda bisa langsung menuju Desa Mulyoagung. Karena memang lokasi air terjun ialah di Dusun Jojogan, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Air Terjun Nglirip Tuban ini memiliki ketinggian kurang lebih 30 meter. Airnya selalu mengalir dengan jernih dan deras, sehingga siapa saja yang mengunjunginya selalu merasa puas. Jika anda suka mengambil gambar, maka lokasi disini juga menjadi salah satu lokasi yang sangat indah dan eksotis untuk anda abadikan.

Mitos Panorama di Air Terjun Nglirip Tuban

Keunikan lainnya dari Air Terjun Nglirip Tuban ini ialah adanya mitos yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat. Mitos tersebut ialah siapapun yang datang bersama dengan pacar terlebih calon pengantin, maka tidak sampai 40 hari kemudian hubungannya akan berakhir.

Mitos tersebut dipercaya karena berhubungan dengan sejarah Air Terjun Nglirip Tuban ini. Dahulu kala, dipercaya bahwa ada sepasang kekasih yang saling mencintai, namun sayangnya hubungan ini ditentang karena perbedaan status sosial diantara mereka.

Sang pria merupakan keturunan dari keluarga priayi dan terpandang, sedangkan sang wanita hanyalah rakyat biasa. Karena ibu dari sang pria merasa kecewa dengan anaknya yang membangkang hanya karena cinta, maka sang ibu menyuruh orang untuk membunuh putranya.

Kecewa dan seperti tidak bisa menerima kenyataan, sang wanita memutuskan untuk bersemedi di Goa yang ada di sekitar Air Terjun Nglirip Tuban. Hingga kini, masyarakat percaya bahwa wanita tersebut masih ada di Air Terjun Nglirip Tuban, dan dipanggil dengan panggilan Putri Nglirip.

Tentu saja anda boleh percaya atau tidak dengan sejarah dan mitos tersebut, namun masyarakat di sekitarnya hingga kini masih belum ada yang berani mendatangi tempat ini bersama dengan kekasih, terlebih bermesraan disini. Karena tidak mau terkena sial dan hubungan yang dirajutnya selama ini berakhir begitu saja.

Terlepas dari mitos tersebut, semua orang yang sudah pernah mendatangi Air Terjun Nglirip Tuban ini mengaku sangat puas dengan keindahan yang ditawarkan. Terlebih kawasan wisata ini merupakan kawasan wisata  yang gratis, alias anda tidak perlu tiket masuk  untuk bisa mengakses tempat wisata ini.
Air Terjun Nglirip Tuban
source:@petrus_omponks

Anda hanya perlu membayar 2.000 rupiah saja untuk biaya parkir kendaraan roda dua yang anda naiki. Sedangkan jika anda datang pada hari Minggu, anda diminta untuk membayar tiket masuk sebesar 500 rupiah saja. Cukup murah bukan?

Tips bagi anda yang akan mengunjungi Air Terjun Nglirip Tuban ini, disarankan agar anda datang pada saat musim panas atau pergantian musim hujan ke kemarau saja. Karena jika anda datang pada musim hujan airnya akan menjadi sedikit keruh.

Nah, apakah akhir pekan ini anda sudah memiliki rencana? Kalau belum, tidak ada salahnya bagi anda untuk mengunjungi Air Terjun Nglirip Tuban. Atau jika anda tergelitik ingin mencoba mitos yang ada, anda bisa datang bersama dengan kekasih dan bermesraan disini. Bagaimana? Anda ingin mencobanya?