wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

Menikmati Pemandangan Alam Wisata Gunung Tangkuban Perahu Yang Eksotis

www.swastamita.com - Salah satu gunung yang berada di daerah Lembang, Bandung ini merupakan sebuah gunung yang sangat terkenal dengan asal usulnya. Legenda Sangkuriang merupakan legenda yang menyertai asal usul terbentuknya Gunung Tangkuban Perahu.

Wisata Gunung Tangkuban Perahu
source:informsss.blogspot.com

Selain terkenal dengan asal usulnya, keindahan gunung Tangkuban Perahu juga sangat mempesona. Oleh sebab itu lah Gunung Tangkuban Perahu dijadikan sebagai objek wisata di Bandung. Wisata Gunung Tangkuban Perahu sudah sangat terkenal di berbagai daerah sehingga tak heran jika banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang mendatangi lokasi wisata ini.

Di tempat wisata Gunung Tangkuban Perahu anda dapat menyaksikan indahnya panorama alam kota Bandung. Selain itu, di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu juga terdapat beberapa kawah yang dapat anda kunjungi sebagai pelengkap pengalaman wisata anda.

Berikut beberapa kawah yang terdapat di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu :

1. Kawah Ratu

Kawah Ratu
source:anekatempatwisata.com

Kawah utama yang terdapat di wisata Gunung Tangkuban Perahu adalah Kawah Ratu. Karena merupakan kawah utama maka tak heran jika luas kawah Ratu terbilang paling besar dibanding dengan kawah lainnya. Untuk menuju lokasi kawah Ratu anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil dan memarikrkannya di bibir kawah, anda hanya perlu berjalan beberapa menit untuk mencapai lokasi kawah. Di area Kawah Ratu ini terdapat sebuah jalan yang memiliki keunikan tersendiri dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang datang. Jalan panjang dimana di sisi kanan kirinya terdapat deretan pohon dengan lebatnya daun-daun yang membuat suasana sangat rindang dan tenang, di jalan ini juga anda dapat menyaksikan Lutung yang bergelantungan.

Setelah lelah mengelilingi kawasan Kawah ratu, anda dapat menghabiskan waktu untuk bersantai dan menikmati wisata kuliner Kawah Ratu di warung-warung yang berdiri di sekitar kawah.

2. Kawah Upas

Kawah Upas
source:@oliviadanubrata
Meskipun tidak sebesar Kawah Ratu, namun keindahan alam yang disuguhkan kawah Upas juga tidak kalah mempesonnya. Lokasi kawah Upas ini tidak jauh dari lokasi kawah Ratu, yaitu di ujung jalan sebelah kanan jika dari parkiran Kawah Ratu. Untuk mengunjungi kawah Upas anda harus melewati jalan yang cukup berbahaya sehingga membuat lokasi wisata Gunung Tangkuban Perahu yang satu ini ditutup oleh pengelola. Sangat disayangkan karena potensi untuk mendatangkan wisatawan  yang dihasilkan Kawah Upas sebenarnya sangat besar.

3. Kawah Domas

Kawah Domas
source:@anyotosetiadi
Kawah Domas merupakan salah satu objek wisata Gunung Tangkuban Perahu yang menyediakan pengalaman berharga untuk setiap pengunjung yang datang. Di Kawasan Kawah Domas ini lah anda dapat berendam lumpur belerang yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Untuk mencapai lokasi kawah Domas anda harus melalui jalan yang cukup panjang, yaitu 1-2 km dari pintu masuk kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu. Jika dari Kawah Ratu anda akan menaiki tangga yang sudah disediakan pengelola sebagai akses menuju kawah Domas. Namun untuk menuju lokasi Kawah Domas anda diwajibkan untuk memakai jasa guide yang tarifnya cukup mahal yaitu Rp 100.000-200.000/trip.

Selain dapat menikmati suasana kawah di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu, anda juga dapat menikmati wisata kolam pemandian air panas yaitu Cikahuripan. Lokasi sumber mata air ini berada di tengah hutan sehingga untuk mencapainya anda harus hiking terlebih dahulu dengan jarak yang lumayan panjang.

Dengan berbagai objek wisata yang tersedia di kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu ini, sangat sayang jika anda tidak memasukkan Wisata Gunung Tangkuban Perahu sebagai destinasi tempat wisata yang wajib anda kunjungi untuk mengisi waktu liburan.