wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

Pantai Boom Tuban dengan Sejuta Pesona Keindahannya

Pantai Boom Tuban - Tuban adalah nama sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Sebagai daerah yang memiliki garis pantai cukup panjang, tak heran jika kota yang memiliki julukan Kota Wali ini menjadi salah satu daerah yang kaya akan wisata alam pantai. Salah satu pantai yang terdapat di kota Tuban adalah pantai Boom Tuban.

Pantai Boom Tuban
source:@ersaputricantika

Sejuta Pesona Keindahan Pantai Boom Tuban

Meskipun belum begitu terkenal, namun pantai Boom Tuban memiliki keindahan yang tidak kalah mempesona dengan pantai-pantai lain yang sudah lebih terkenal. Pantai yang dahulunya berfungsi sebagai pelabuhan ini menawarkan pemandangan yang tidak biasa atau unik. Pelabuhan ini pada jaman dahulu di gunakan sebagai lokasi persinggahan para pedagang antar daerah maupun antar negara. Namun seiring berjalannya waktu, pelabuhan ini di sulap oleh pemerintah setempat menjadi salah satu objek wisata.

Di Pantai Boom Tuban ini anda dapat menjumpai pemandangan yang tidak biasa, yaitu terdapat relief pada sisi pantai. Yaitu relief tentara tor-tor pada sebelah kiri gerbang, dan relief Ronggolawe pada sebelah kanan gerbang masuk. Relief-relief tersebut menceriakan tentang sejarah kota Tuban dan tentara tar-tar yang pernah mendarat di pantai ini.

Pemandangan unik ini tentu sangat menarik karena tidak dapat di temui di pantai lainnya. Selain itu, pemandangan alam yang ada di Pantai Boom Tuban juga tak kalah menarik dan indanya. anda dapat menikmati keindahan birunya air laut kota Tuban dengan hamparan pasir lembut yang berada di tepi pantai. Anda dapat sekedar bersantai dan menikmati keindahan pantai, atau berjalan-jalan mengelilingi pantai yang belum cukup ramai.

Untuk mengunjungi Pantai Boom Tuban ini waktu yang paling tepat adalah pada sore hari, karena pada waktu ini lah anda dapat menyaksikan tenggelamnya matahari beserta kuningnya langit Tuban. Selain itu deretan lampu taman yang menghiasi sisi pantai juga menambah keindahan serta memberikan nuansa romantis. Untuk anda yang suka dengan kegiatan memancing, anda juga dapat melakukan hobi tersebut di Pantai Boom Tuban.

Tak hanya itu, di Pantai Boom Tuban juga terdapat beberapa perahu nelayan yang di sewakan untuk mengelilingi laut Boom Tuban. Dan yang paling menarik dari pantai Boom Tuban adalah adanya sumur tua yang konon sumur tersebut merupakan peninggalan wali. Keunikan dari sumur tua tersebut adalah airnya yang tidak asin padahal berada di tepi pantai.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Boom Tuban ini cukup baik, antara lain terdapat deretan gazebo yang berdiri di pinggiran pantai. Gazebo-gazebo tersebut dapat anda gunakan sebagai tempat bersantai menikmati pesona keindahan pantai Boom Tuban, atau sebagai tempat untuk menikmati wisata kuliner pantai Boom Tuban.

BACA JUGA : Pantai Cemara Tuban, Tempat Wisata Sejuta Umat Masyarakat Tuban

Indahnya Pantai Boom Tuban
source@nandamerdeka

Selain itu ada juga sebuah taman bermain yang di lengkapi air mancur. Fasilitas ini tentunya menambah keindahan dari Pantai Boom Tuban. Namun tidak hanya itu, pengelola pantai Boom Tuban juga menyediakan fasilitas pendukung seperti toilet dan mushola.

Lokasi Menuju Pantai Boom Tuban

Lokasi dari Pantai Boom Tuban sendiri berada di sebelah utara alun-alun kota Tuban. Karena berada di tengah kota, jalur untuk mencapai pantai Boom Tuban ini cukup mudah yaitu dengan memasuki gerbang Pos Polisi kota Tuban. Setelah itu anda lurus saja mengikuti jalan, dan setelah 100 meter anda akan mendapati semenanjung di mana semenanjung itu merupakan objek wisata Pantai Boom Tuban. Panjang pantai Boom Tuban sendiri yaitu 1 km.

ketika memasuki kawasan pantai Boom Tuban anda akan dikenai biaya masuk Rp 2.500 per orang. Biaya tersebut terbilang sangat murah jika di bandingkan dengan berbagai fasilitas yang telah di sediakan pengelola Pantai Boom Tuban.