wisata blogger

wisata blogger, wisata indonesia, wisata kuliner, tips hotel dan hiburan

GoEuro Many GEOs

Wisata Desa Tradisional Panglipuran Yang Kental Akan Budaya Bali

www.swastamita.com - Pulau Bali, siapa yang tidak ingin kesana. Pulau yang dijuluki surga dunia ini memiliki banya sekali keindahan alamnya. Siapa yang tidak tau pantai pantai di Bali,? Siapa yang tidak tau keindahan alamnya? Meskipun kalian tidak pernah ke Bali pastilah mengetahui semua itu lewat gambar, foto atau stasiun televisi , apalagi yang sering ke Pulau Bali kalian pasti tidak akan luput berkunjung ke pantai dan wisata alam di Bali. Tapi apa kah kalian tau ? Pulau Bali bukan hanya terkenal akan ke indahan pantai dan alamnya, melainkan Pulau Dewata ini terkenal akan budayanya yang sangat kental. Nah ternyata Di Bali bukan hanya terdapat wisata pantai saja , Di Bali juga ada wisatas Desa yang masi kental akan tradisi dan budaya Bali. Namanya Desa Panglipuran.

Wisata Desa Tradisional Panglipuran
source:baliinspirasi.com

Lokasi Wisata Desa Tradisional Panglipuran

Desa Panglipura terletak di desa Kubu, Kabupaten Bangli , Provinsi Bali. Desa ini terletak di ketinggian kira – kira 600 sampai 700 meter di atas permukaan laut dan berjarak sekitar 45 km dari kota Denpasar. Apa keunggulan dari wisata desa ini? Banyak sekali keunggulan desa ini, tak heran banyak pengunjung domestic ataupun mancanegara ingin berkunjung kedesa ini. Salah satu keunggulanya yaitu Desa yang sangat asri dan tatanan yang sungguh rapi nan indah membuat semua tidak tega meninggalkan desa Panglipuran ini. Nuansa budaya yang kental serta bangunan rumah khas Bali terdapat disana . Lihat saja berjejeran rumah yang sama disepanjang jalan. Anehnya Dengan masuknya moderenisasi di Indonesia, Warga panglipuran masi tetap menjaga tradisi , budaya yang ditinggalkan leluhur mereka. Nama Panglipuran sendiri berasal dari kata Pengeling Pura yang artinya tempat suci yang dijadikan tempat untuk mengingat leluhur. Cocok sekali dengan keadaan disana.

Desa Panglipuran menjadi desa yang khas di Bali , karena tidak sama dengan desa yang lain. Desa yang mempunyai nuansa damai dan sangat tradisional ini memiliki pantangan bagi para lelaki disana untuk tidak berpoligami . Jadi para lelaki harus setia dengan satu istri jika tidak laki – laki tersebut akan dikucilkan di temapat yang bernama Karang Memadu. Bukan hanya itu saja Bagi yang mencuri didesa ini , hukumanya adalah memberi sesajen 5 ekor ayam dengan warna bulu yang berbeda di 4 pura lelurhur mereka. Nah ada sesuatu yang unik di Desa ini, meskipun warga disana beragama hindu , mereka tidak membakar mayat melainkan menguburnya sehingga di desa tersebut terdapat kuburan atau orang disana menyebutnya setra.

Dari penjelasan tadi cukup menarik bukan. Kalian bisa berlibur disana menghilangkan kebisingan kota. Dijamin seru dengan pemandangan yang indah , sejuk dan warga yang ramah. Untuk menuju Desa Panglipuran ini diharapkan kalian menyewa rental mobil + sopir jika kalian tidak pernah kebali karena bisa –bisa kalian tidak akan sampai malah tersesat dijalan. Dan Jika kalian tidak ingin ribet dengan urusan transportasi maka sebaiknya kalian mencari paket wisata di Bali yang berute di Desa Panglipuran ini. Tiket masuk di Desa ini sangat bersahabat kok, hanya 7.500 untuk wisatawan domestic dan 10.000 untuk wisatawan mancanegara. Tidak akan menyesal kalian mampir didesa ini . Sungguh desa yang menajubkan .